Pengaruh Youtube Terhadap Milenial

 


Istilah generasi milenial selalu menjadi topik pembahasan disemua kalangan, istilah tersebut berasal dari millenials yang diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis amerika yang bernama William Strauss dan Neil Howe dalam karya bukunya.

Generasi milenial memiliki pengaruh besar dalam berbagai sendi kehidupan. Baik dalam sosial, ekonomi, pendidikan bahkan politik. Kelompok generasi x harus penyesuaikan diri dan merancang pembangunan manusia secara jangka panjang.

Generasi milenial memiliki kebiasaan unik, cara cepat dan instan menjadi ciri khas gaya hidup mereka, baik dalam menjalankan kehidupan sosial maupun dunia kerja. Dalam kehidupan sehari-hari, anak milenial tidak bisa lepas dengan smartphone hingga muncul istilah “no gadget no life”.

Youtube merupakan bagian media sosial berbasis audio visual yang memiliki daya tarik tersendiri, datareportal.com tahun 2021 menyebutkan pengguna youtube di Indonesia mencapai 93,8%, Persentase tersebut, menjadi tertinggi dibanding aplikasi lainnya baik facebook, instagram dan whatsapp.

Laporan digital 2021 merilis pengguna internet Indonesia yang mengakses youtube rata-rata menghabiskan waktu 25,9 jam perbulannya. Artinya setiap user internet di Negeri ini memanfaatkan youtube sebagai media sosial maupun hiburan.

Youtube yang dimanfaatkan sebagai media sosial, biasanya sebagai ajang eksistensi kreatifitas pribadi maupun kelompok. Yaitu menunjukkan kemampuan dalam minat dan bakat tertentu baik konten seni musik, film, games dll.

Pengembangan minat dan bakat dalam pembuatan konten kreatif semakin kompetitif. Karena youtube memberikan kebebasan siapapun untuk mengunggah maupun menyimak konten-konten yang tersaji didalamnya.

konten yang sering ditonton oleh viewers  youtube yaitu musik, film pendek, vlog dan video teritorial. Konten-konten tersebut beraneka ragam sub-sub jenisnya, tersaji dan selalu update setiap jamnya.

Menurut Bung Dimas salah salah satu konten kreator Sampang Jatim, untuk membuat konten menarik harus bisa menilai trending topik pada saat sebelum di uploud, trending topik baik tingkat regional maupun nasional, sehingga video yang diunggah akan menjadi video yang menarik dan banyak viewernya.

Untuk membuat konten menarik butuh riset baik tujuan dan konsep dari konten yang akan dibuat, butuh peralatan untuk merekam yang memadai, buat judul yang menarik, dan kreatif dalam pembuatan video agar tidak melanggar hak cipta.

Youtube media gratis yang dapat mengubah cara pandang pikir penikmatnya, bahkan menjadi referensi kelompok milenial dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sadar atau tidak, youtube telah mengubah gaya hidup manusia digital dan memiliki pengaruh besar baik positif dan negatif.

Butuh filterisasi dari viewers untuk memilih dan memilah konten untuk dinikmati, dan konten kreator harus benar-benar kreatif tanpa memproduksi informasi hoax yang dapat memecah belah kesatuan Bangsa.


13 November 2021

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Postingan populer dari blog ini

De Jure Data Pemilih Pemilu 2024

Kacong “Tengka Politik”

Kacong : Aksi Demonstrasi